Arsip untuk November, 2011

Key to Success

Posted: November 7, 2011 in Renungan & Motivasi

Berikut ini saya ingin membagikan tips langkah demi langkah untuk meraih kesuksesan yang saya rangkum dari sebuah buku karangan saudara Muhammad Aulia. Semoga berguna! 🙂

TULISKAN SASARAN

Ketika mengambil sehelai kertas dan sebatang pena, lalu mulai menuliskan sasaran-sasaran Anda, Anda sebenarnya sedang mengaktifkan Hukum-hukum Ekspektasi, Daya tarik dan Korespondensi secara simultan. Tindakan Anda menuliskan sasaran-sasaran Anda akan meningkatkan kemungkinan Anda mampu mencapainya hingga 10 kali lipat (1000 persen!)

BERSEDIA MEMBAYAR HARGANYA

Kemauan Anda untuk melakukan apa saja yang harus dilakukan, berapapun harga yang diminta, pergi kemanapun yang diperlukan, dan berkorban apapun yang harus dilakukan adalah sebuah alat ukur yang menunjukkan seberapa besar Anda menginginkan sasaran tersebut.

BERTINDAKLAH BERDASARKAN PERENCANAAN ANDA

Begitu Anda selesai menetapkan sasaran, menuliskannya, menentukan berapa bayaran yang hendak Anda keluarkan dan membuat perencanaan, Anda harus segera mulai bertindak. Meskipun tindakan yang Anda lakukan itu hanya sekedar menelepon seseorang atau mencari sebuah informasi, yakinkan pada diri Anda bahwa Anda memang melakukan sesuatu. Tindakan Anda itu sendiri sepertinya kemudian memicu timbulnya kekuatan dan tenaga lain yang ada di alam semesta. Anda mengaktifkan hukum Daya Tarik untuk membantu Anda. (sebelum) Sampai Anda melakukan satu hal yang spesifik dan menentukan itu, Anda sebenarnya hanya bermain-main, seperti melamun. Anda memang sudah memasukkan kunci mobil Anda pada tempatnya, tetapi Anda belum memutarnya sehingga mesin mobil belum lagi menyala.

JANGAN PERNAH MENYERAH

Tetapkan sedari awal bahwa Anda tidak akan pernah berhenti begitu Anda sudah memulai perjalanan Anda menuju sasaran. Kemauan dan kemampuan Anda untuk bersikukuh menghadapi segala tantanganlah yang akhirnya akan menjamin kesuksesan Anda.

LIPAT GANDAKAN TINGKAT KEGAGALAN ANDA

Thomas J.Watson Sr. (Pendiri IBM) pernah berkata: “Jika ingin meraih kesuksesan dengan lebih cepat, Anda harus melipatgandakan tingkat kegagalan Anda. Kesuksesan berada diujung seberang kegagalan.”

Kegagalan-kegagalan Anda telah mempersiapkan Anda dalam menghadapi kesuksesan. Seperti itulah, serentetan nasib baik biasanya muncul setelah datangnya serentetan nasib buruk. Semakin sering Anda mencoba, semakin besar kemungkinan Anda menang. Anda akan mampu mengatasi rasa takut Anda dengan cara melakukan hal-hal yang Anda takuti sampai rasa takut itu sudah tidak dapat menguasai diri Anda lagi.

PELAJARI APA YANG ANDA PERLUKAN

Setiap kali memasuki satu bidang baru, Anda harus segera mulai mempelajari apapun yang mungkin Anda pelajari tentang bidang tersebut, kemudian Anda aplikasikan secepat mungkin. Mulailah bertanya atau menanyakan segala sesuatunya tentang semua hal yang Anda perlukan.

Sumber :

Buku ‘Obat Cespleng Bisa Berpikir Positif!’ ; penulis : Muhammad Aulia

Starbak Mpok Sopia

Posted: November 7, 2011 in Renungan & Motivasi

Kampungnya Kunang bergetar sejak Mpok Sopia membuka usaha. Mpok Sopia adalah tetangga tujuh rumah dari tempat kediaman Kunang. Ia membuka usaha Warung Kopi, namanya “Starbak Kopi”. Mpok Sopia mengobral cerita bahwa warung kopinya menguntil warung kopi Starbucks, warung kopi orang bule di Amerika yang bermarkas di Seattle, Washington. Melalui Starbak Kopi, Mpok Sopia ingin membuat orang-orang dikampungnya tidak lagi kampungan tetapi gaul dan internasional, istilah modern.

Sejak tangannya patah tertimpa pohon mangga, Kunang tidak lagi nongkrong di warnet. Ia sekarang nongkrong di warung kopi Starbak Mpok Sopia. Nogkrong di Starbak punya sejuta keuntungan dibanding di warnet. Hanya dengan membawa uang dua ribu rupiah ia bisa duduk seharian dengan segelas kopi. Kunang terkadang iba juga melihat Mpok Sopia karena lebih banyak orang yang meminta air panas daripada menambah kopi. Pokoknya tidak ada tempat sebaik dan semurah hati seperti warung Starbak Kopi Mpok Sopia.

Sore itu Kunang sedang menunggu lawan bicara yang tertangguh di warung itu. Dua jam terlewatkan dengan harap-harap cemas. Air panas sudah dua kali ditambahkan pada kopinya. Bahan perdebatan sudah masak di kepalanya. Cermin, kamar mandi, dapur, dan kamar tidur mungkin sudah bosan mendengar kata-katanya. Tiba-tiba mulutnya tertutup rapat dan tertarik ke samping menghasilkan senyum satu garis. Kaocek datang dengan berpenampilan rapi. Teman-teman memanggil dia si pengacara alias si pengangguran banyak bicara. Jika Kunang senang karena kedatangan Kaocek, sebaliknya tidak dengan Mpok Sopia. Kaocek adalah pengutang paling tangguh di warungnya.

“Darimana engkau akan memulai perbaikan negeri ini?”, tak sabar Kunang ingin memulai debat kusir. “Hukum! Jika hukum ditegakkan setegas-tegasnya, saya jamin penjahat akan kapok”, sembur Kaocek bersemangat sambilo mengangkat jari telunjuknya kepada Mpok Sopia. “Tidak, harus perbaikin ekonominya terlebih dahulu. Ekonomi baik, pendidikan bagus, orang pun akan semakin melek hukum dan kejahatan berkurang”, kata Kunang serasa paling bijak di warung itu. “Justru pelaku kejahatan di negeri ini bukan orang bodoh tetapi orang pintar. Bukan orang miskin tetapi orang kaya. Tetapi karena hukum tidak ditegakkan dengan setegas-tegasnya, mereka tetap berbuat jahat”, Kaocek berucap sampai berbusa-busa. Percakapan itu semakin hangat dan semakin ngotot. Orang-orang di warung serasa sedang menonton acara Jakarta Lawyers Club yang tidak jelas ceritanya. “NGOCEH melulu. Bicara seperti orang hebat. Anak dirumah keliaran tidak ada juntrungannya. keluarga terabaikan seperti tidak ada yang mimpin. Bagaimana keluarga bisa bagus kalau dirumah tidak ada yang jadi teladaCepet sono pulang!”, istri Kaocek tiba-tiba datang sambil mencak-mencak. Kaocek punsegera diam seribu bahasa lalu pergi nyelonong begitu saja.

“Kunang, jika engkau ingin memperbaiki negeri ini, mulailah dari keluarga”, tiba-tiba si kakek berbisik dipinggirnya membuat Kunang hampir saja tersedak bubuk kopi. “Maksud kakek?!” “Baik buruknya sebuah masyarakat bersahabat dengan baik buruknya keluarga-keluarga dalam masyarakat itu. Masyarakat yang rusak adalah cerminan dari keluarga-keluarga yang bermasalah. Banyak anak-anak belajar tentang kekerasan itu dalam keluarga. Belajar kebencian dan dendam dari orangtua. Belajar mencuri dari ayah yang korupsi. Belajar berputus asa dari ibu yang terus mengeluh. Belajar untuk tidak takut kepada Tuhan dari orangtua yang cuek terhadap pertumbuhan iman”, ujar si kakek panjang lebar.

“Dengerin tuh, Nang….”, tiba-tiba Mpok Sopia nyela dengan ketus karena terbayang wajahnya Kaocek. “Anak-anak saat ini membutuhkan figur yang bisa diteladani dalam keluarganya. Kita butuh orang-orang tua yang dapat menjadi teladan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan, dan kesucian bagi siapapun(lihat 1 Timotius 4:12). Mulailah dari keluarga kita bukan keluarga orang lain’, ujar si kakek sambil meninggalkan warung Strabak, seputar gerobak, milik Mpok Sopia. Kunang terdiam sedih karena perkataan si kakek mengingatkan ia akan bapak dan ibunya dulu.

 

Sumber : Pdt. Rinto Tampubolon (GKI Seroja)

10 Manfaat Tersenyum

Posted: November 6, 2011 in Kesehatan

Berikut ini rangkuman tentang manfaat senyuman :

1. Senyum membuat Anda lebih menarik.

Orang yg banyak tersenyum memiliki daya tarik. Orang yg suka tersenyum membuat perasaan orang disekitarnya nyaman dan senang. Orang yg selalu merengut, cemberut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman. Dipastikan orang yg banyak tersenyum memiliki banyak teman.

2. Senyum mengubah perasaan.

Jika Anda sedang sedih, cobalah tersenyum. Senyuman akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Menurut penelitian, senyum bisa memperdayai tubuh sehingga perasaan berubah.

3. Senyum bisa menular

Ketikan seseorang tersenyum, ia akan membuat suasana menjadi lebih riang. Orang disekitar Anda pasti akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia

4. Senyum menghilangkan stres

Stres bisa terlihat di wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih. Ketika anda stres,ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih.

5. Senyum meningkatkan imunitas.

Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum.

6. Senyum menurunkan tekanan darah

Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.

7. Senyum melepas endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin

Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin,pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.

8. Senyum membuat awet muda

Senyuman menggerakkan banyak otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan banyak tersenyum Anda akan terlihat lebih awet muda.

9. Senyum membuat Anda kelihatan sukses.

Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal, dan bisa diandalkan. Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien. Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik.

10. Senyum membuat orang berpikir positif.

Coba lakukan ini : pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah. Penyebabnya, ketika Anda tersenyum,tubuh mengirim sinyal “hidup adalah baik”. Sehingga saat tersenyum, tubuh menerimanya sebagai anugerah.

 

Oke, udah jelas kan?? awas aja masih ada yang ngatain gw gila?! hehehe..:)

MENIKMATI PEDIH :)

Posted: November 6, 2011 in Curhat

Sebelum dibaca, gw mau ngingetin. Ini tulisan sekedar curhatan dan sharing gw aja. jadi kalo lagi sibuk cari bahan di internet buat tugas sekolah, mending gak usah baca ini tulisan, buang2 waktu lu aja! tapi kalo lu kebanyakan waktu luang ya dibaca gak apa-apa.

Sebenernya gw rada ngiri sama temen2 & orang2 disekitar gw. Di usia muda mereka,mereka bisa nikmatin masa mudanya dengan seneng2. Lahir dr keluarga dengan ekonomi cukup,harmonis dan sejahtera. Mau cari pacar atau gebetan juga gampang. Situasi kayak gini berbanding terbalik sama gw. Gw lahir di keluarga kelas bawah. Gw anak terakhir dari 3 bersaudara. Abang2 gw emang sih tampilannya baik2 semua, mereka gak ngerokok,mabok atau main judi. Kelemahan mereka cuma satu: CEWEK. Gara2 makhluk bernama cewek inilah kehidupan di keluarga gw mulai berantakan. sejak abang gw yg nomor dua bikin masalah waktu gw masih SMP,nyokap kena serangan jantung. Akibatnya nyokap sering sakit2an sampe sekarang. lanjut lagi abang gw yg pertama bikin masalah lagi 5 tahun lalu(2006).

Ironis, waktu sekolah abang2 gw dikreditin motor sama bokap. Sementara gw cuma dibeliin sepeda(sebenernya gw bisa minta motor, tapi gw gak tega ngeliat kondisi ekonomi waktu itu). Dari ketiga anak2nya, cuma gw dan abang gw yg sulung yg pernah mengenyam pendidikan sampe bangku kuliah, cuma kita berdua sama-sama Drop Out alias mandek sebelum kelar. Tapi alasannya beda, kalo abang gw emang kaga niat kuliah tapi dipaksa kuliah sama bokap, sementara gw niat banget kuliah tapi terpaksa berhenti karena usaha bokap kolaps dan gak ada biaya buat bayar kuliah. semenjak itu, semua usaha gw lakonin demi ngebantu keluarga, mulai dari ngelamar2 kerja, nulis naskah film ke PH(tapi gak ditanggepin), sampe bela2in ikutan casting model. Gw berharap bisa kerja supaya gw gak ngebebanin orangtua lagi, gw pengen mandiri, itu tekad gw!Sekarang disaat gw udah kerja dan punya penghasilan yg lumayan dimana gw bisa beli apapun yg gw mau dari hasil kerja gw, lagi2 keadaan mengharuskan gw menjadi tulang punggung keluarga karena gw harus bayarin utang2 bokap gw yg jumlahnya baru akan lunas dalam waktu paling cepet 5 tahun kedepan! Bokap gw entah tidak tahu, bodoh atau terlalu pengecut untuk ngambil resiko sehingga beliau jadi kelilit utang sama rentenir.

Gw yg lagi2 dikorbanin, dulu kuliah gw, sekarang penghasilan gw. Mimpi buat beli sepeda motor(yg dulu gak dibeliin bokap) kini sirna sudah. Kalo lagi ngelamun, gw sering pengen meratapi diri sendiri apalagi kalo keinget sama temen2 gw yg nasibnya jauh lebih beruntung dari gw. Mereka bisa punya apa aja yg mereka mau, sementara gw gak bisa lantaran gw punya banyak tanggungan. Shit man…! siapa yg berbuat kok gw yg tanggung jawab??

Cuma setelah gw pikir2, gw gak boleh terus2an ngeluh. Gw yakin suatu saat TUHAN akan membangkitkan gw dari keterpurukkan ini. DIA pasti denger keluh kesah gw selama ini. Dan gw yakin TUHAN lagi ngebentuk gw menjadi pribadi dengan daya juang yg kuat melalui segala cobaan hidup yg lagi gw jalanin ini. Dan kelak, kalo udah berkeluarga, cobaan2 kayak gini udah gak ngefek lagi buat gw, karena gw udah pernah ngalamin dan tahan uji.

PESEN GW buat yg ngebaca tulisan ini, kalo lu dari kalangan orang berada, JANGAN PERNAH sia-siakan uang bokap nyokap lu! pake buat kuliah atau usaha yg bikin diri lu berkembang! dan buat lu yg lagi ngalamin kesulitan hidup, jangan ngeluh terus, NIKMATIN AJA SETIAP KEPEDIHAN dalam hidup lu dan yakin segala sesuatu akan baik2 aja karena apa yg sedang lu perjuangkan pasti gak akan sia-sia.

ah, laper juga ngetik note. sekian dulu dah!

Iseng2 daripada suntuk, mau belajar tapi ngantuk, eh kebetulan gw inget beberapa acara di TRANS 7 yg makin kesini makin ngaco alias gak konsisten. Emang sih dalam dunia pertelevisian wajar utk ngerubah konsep acara demi naik/stabilnya rating. Berikut ini gw mau kasih tau 2 acara TRANS 7 yg (menurut gw) makin ngaco demi menyelamatkan nilai rating mereka:

 

1. ON THE SPOT (TRANS 7)

On The Spot (utk selanjutnya demi menghemat energi pengetikan kita sebut saja OTS) di awal kemunculannya OTS adalah sebuah acara yg menyajikan video2 klip musik. Namun pada perkembangannya acara ini mengalami metamorfosis(aseek..) sebanyak 3 kali. Bermula dari acara yg menayangkan video2 musik lokal dan internasional, kemudian berubah dengan tambahan konsep reality show yg dipandu oleh Omesh berupa acara tantangan(meniru acara keluaran MTV dgn konsep 100% sama) kemudian berubah lagi menjadi (tetap)acara video klip namun reality show-nya dihilangkan dan diganti dengan kuis. Kali ini Omesh diganti oleh Talita Latief sebagai presenter. Dan terakhir acara ini sama sekali berubah tidak lagi menyajikan video2 klip tetapi menjadi sebuah tayangan yg sifatnya lebih informatif dengan konsep “TOP 7” atau “7 ter…(banyak,unik,dll.) Cuma sayangnya OTS 100% menayangkan hal-hal yang ter…ter…ter… tersebut dengan mengutip dari sumber yg tidak bisa di pertanggung jawabkan. Video2 yg ditayangkan tidak lain tidak bukan adalah hasil mengunduh(download) dari situs Youtube.com dan informasi yg disajikan pun banyak yg nyomot dari Google. Gak menutup kemungkinan kedepannya On The Spot bakalan merubah konsep lagi kalo penonton udah mulai bosen…benarkah?? Bodo amat.

 

2. MISTER TUKUL(TRANS 7)

Satu lagi acara keluaran Trans 7, namanya Mister Tukul. Acara yg sifatnya “aji mumpung”, karena memanfaatkan kepopuleran Tukul Arwana yg saat itu emang lagi terkenal berkat acara talk show ringan, Empat Mata(sekarang Bukan Empat Mata). Waktu pertama kali tayang, Mister Tukul merupakan acara travelling yg isinya seputar kegiatan Tukul ditemani gadis2 cantik sewaktu jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia dengan guyonan-guyonan khas mas Tukul. Namun karena ratingnya turun, Mister Tukul berganti konsep tetep ada unsur travelling & gadis cantiknya tapi kali ini travelling ke tempat2 yg dikenal angker. Ditambah lagi setiap episode sekarang dihadirkan mas Solehpati(pelukis dari tim Pemburu hantu) yg tugasnya di tiap episode adalah melukis penampakan di lokasi syuting dengan mata tertutup. Dan yg lebih mengenaskan lagi, disalah satu episode yg pernah gw tonton, ada segmen “Uji Nyali” juga. Lengkaplah sudah ke-ngacoan Mister Tukul yg berubah jadi DUNIA LAIN…!!

 

payah dah ah,

WASSALAM!

POEM OF LOVE

Posted: November 6, 2011 in Puisi

Apakah Cinta Itu?

Mereka yang tidak menyukainya, menyebutnya tanggung jawab,
Mereka yang bermain dengannya, menyebutnya sebuah permainan,
Mereka yang tidak memilikinya, menyebutnya sebuah impian,
Mereka yang mencintai, menyebutnya takdir.

Kadang Tuhan yang mengetahui yang terbaik, akan memberi kesusahan untuk menguji kita.
Kadang Ia pun melukai hati, supaya hikmat-Nya bisa tertanam dalam.
Jika kita kehilangan cinta, maka pasti ada alasan dibaliknya.
Alasan yang kadang sulit untuk dimengerti, namun kita tetap harus percaya bahwa ketika Ia mengambil sesuatu, Ia telah siap memberi yang lebih baik.

Mengapa kita harus menunggu?
Karena walaupun kita ingin mengambil keputusan, kita tidak ingin tergesa-gesa.
Karena walaupun kita ingin cepat-cepat, kita tidak ingin sembrono.
Karena walaupun kita ingin segera menemukan orang yang kita cintai, kita tidak ingin kehilangan jati diri kita dalam proses pencarian itu.

Jika ingin berlari, belajarlah berjalan dahulu,
Jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu,
Jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu.
Pada akhirnya, lebih baik menunggu orang yang kita inginkan, ketimbang memilih apa yang ada.
Tetap lebih baik menunggu orang yang kita cintai, ketimbang memuaskan diri dengan apa yang ada.
Tetap lebih baik menunggu orang yang tepat, karena hidup ini terlampau singkat untuk dilewatkan bersama pilihan yang salah, karena menunggu mempunyai tujuan yang mulia dan misterius.

Perlu kau ketahui bahwa…
Bunga tidak mekar dalam waktu semalam,
Kota Roma tidak dibangun dalam sehari,
Kehidupan dirajut dalam rahim selama sembilan bulan,
Cinta yang agung terus bertumbuh selama kehidupan.

Kebanyakan hal-hal yang indah dalam hidup memerlukan waktu yang lama,
dan penantian kita tidaklah sia-sia.

Walaupun menunggu membutuhkan banyak hal : iman, keberanian, dan pengharapan,
Penantian menjanjikan satu hal yang tidak dapat seorangpun bayangkan.

Pada akhirnya, Tuhan dengan segala hikmat-Nya, meminta kita menunggu, karena alasan yang penting.

Cheers!!

About Me

Posted: November 6, 2011 in Uncategorized

About Me.